Tinjauan Desain DKV

Rabu, 09 September 2009

Tujuan:
Agar mahasiswa mampu meninjau karya desain secara kritis dan mendalam menggunakan metode yang tepat > gaya desain (estetik) dan konteks sosial budayaAgar mahasiswa mampu mencari data lapangan dengan baikAgar mahasiswa mampu bekerja kelompok Agar mahasiswa mampu mempresentasikan hasil kerja dengan baik, baik lisan maupun tulisan.

Manfaat:
Mahasiswa bersikap kritis terhadap karya desain yang dilihatMahasiswa memahami bahwa dalam sebuah karya desain yang baik terdapat konsep dan latar belakang yang tepatMahasiswa dapat merancang karya desain dengan memperhatikan konteks sosial budaya disekitarnyaPemahaman perkembangan desain modern post-modern sebagai landasan menganalisa dan menentukan sikap terhadap perkembangan desain yang terjadi dengan berbagai pendekatan.

Materi:
Aliran pemikiran dalam seni rupa dan desain sejak Revolusi Industri hingga kiniKoleksi Desain Enamel dari Kartini CollectionsPerkembangan pemikiran desain kontemporerPerkembangan desain modern dan post-modern dan pengaruhnya di Indonesia, tinjauan karya desain khususnya desain grafis dalam berbagai model pendekatan.

Kepustakaan:
1. Michael Collin, Post Modern Design, Academy Ad London, 1983 2. W.H. Mayal, Principals in Design, Reinhold Company, 1979 3. Arnston, Amy E., Graphic Design Basics, Hot Reinhart and Winston Inc., USA., 1998 4. Holis, Rochard, Graphic Design a Concise History, Thames and Hudson, London, 1994 5. Sachari, Agus (ed), Paradigma Desain Indonesia, Rajawali, Jakarta, 1986

0 komentar to “Tinjauan Desain DKV”